NaB5Nqx7NWxdMaJbNGB4NqEhBD4pzD4mxnoeNJ==

Pengertian, fungsi dan macam genteng tanah liat untuk atap bangunan

BLANTERLANDINGv101
36827607074216925

Pengertian, fungsi dan macam genteng tanah liat untuk atap bangunan

Selasa, 01 September 2020


        Genteng atau dalam bahasa baku (KBBI) disebut "genting" merupakan suatu komponen dari konstruksi atap rumah atau bangunan yang terbuat dari tanah liat. Proses produksi genteng dibuat dengan cara dicetak hingga di bakar. Genteng memiliki banyak macamnya dari mulai ukuran, bentuk, hingga fungsi yang bervariasi. Terlepas dari pengertian yang dimaksud oleh KBBI, istilah genteng diluar sana bukan hanya dianggap sebatas sebagai penutup atap yang terbuat dari tanah liat saja. Genteng juga digunakan sebagai istilah penutup atap yang terbuat dari beton (genteng beton), kaca (genteng kaca), keramik (genteng keramik) dan lain sebagainya.

        Pada artikel ini, genteng tanah liat merupakan fokus utama yang akan kita bahas. Mengapa kita harus menggunakan genteng dengan bahan dasar tanah liat? apa kelebihan dan kekurangannya?. Sesuai dengan namanya, genteng ini terbuat dari tanah khusus, dan diolah pula secara khusus hingga dapat digunakan sebagai bahan dasar pembuatan genteng. Genteng ini memiliki fungsi yang sama dengan genteng-genteng yang lain, yaitu sebagai komponen yang terletak paling atas bangunan / komponen paling luar pada konstruksi atap yang digunakan untuk melindungi struktur yang ada dibawahnya termasuk untuk melindungi penghuni atau pemilik bangunan tersebut dari cuaca hujan, panas, angin, dan lain sebagainya. Dari sisi keamanan, genteng juga dapat berfungsi sebagai pengaman penghuni dari berbagai ancaman seperti maling maupun binatang berbahaya seperti ular. Bayangkan jika rumah atau bangunan kita tidak memiliki penutup atap? pusing bukan?!. Begitulah pentingnya genteng bagi keamanan dan kenyamanan sang pemilik bangunan.

        Genteng tanah liat memiliki keunggulan / kelebihan dari genteng lain, apa saja kelebihannya? berikut beberapa kelebihan dari tanah liat:

  • Menyerap panas dengan baik
    Berbeda dengan penutup atap seperti asbes, atap genteng tanah liat ini memiliki keunggulan dapat menyerap panas dengan baik. Sehingga stuktur ataupun penghuni dibawahnya tidak akan merasa mudah panas, gerah dan pastinya lebih sejuk dari pada penutup atap asbes. Apalagi jika ketinggian bangunan dibuat lebih tinggi atau di kombinasikan dengan struktur langit-langit / plafon akan menambah sensasi kesejukan dan membuat semakin nyaman si penghuni.

  • Meredam suara air hujan (tidak bising) 
    Genteng tanah liat tidak akan bising saat terkena hujan. Terlebih semakin tebal genteng yang digunakan, suara bising hujan yang menimpa atap akan semakin kecil pula, mengapa demikian?. karena hal tersebut dipengaruhi oleh berat dan kepadatan tanah liat pada sebuah genteng. Untuk membuktikannya coba bandingkan dengan atap seng yang memiliki ketebalan tipis (yang hanya beberapa milimeter saja), maka tentu atap seng akan berisik sekali ketika hujan menimpanya. Atau coba bandingkan dengan genteng sejenis tanah liat lainnya yang berbeda berat dan ketebalannya dengan cara mengetuk-ngetuk dua variasi genteng yang berbeda (genteng dengan suara lebih keras ketukannya berarti akan lebih bising jika terkena hujan begitu pula sebaliknya).
  • Kuat, kokoh, dan tahan lama
    Genteng tanah liat memiliki kekuatan yang cukup baik. Genteng ini mampu menahan beban yang cukup berat. Selain itu genteng tanah liatpun juga cukup kokoh dalam bertahan disegala kondisi seperti hujan dan panas dengan jangka waktu yang lama.

  • Massa / bobot genteng relatif ringan
    Genteng tanah liat memiliki bobot yang tidak begitu berat tetapi juga tidak begitu ringan. Berbeda dengan penutup genteng beton yang beratnya melebihi genteng tanah liat. Karena beratnya yang begitu besar, genteng beton membutuhkan struktur penopang yang memadai pula, dimana hal tersebut akan mempengaruhi biaya dalam pembangunan struktur atap. Berbeda dengan genteng tanah liat, genteng ini dapat atau mampu meminimalisir pengeluaran biaya dengan struktur atap yang lebih sederhana dari genteng beton. 

  • Harga relatif murah & mudah didapat
    Genteng tanah liat memiliki harga yang relatif murah. Selain itu genteng ini dapat kita temukan dengan mudah, apalagi dengan perkembangan zaman saat ini. Untuk mendapatkan genteng tanah liat ini akan semakin mudah untuk didapatkan. Kenyataannya bahwa genteng tanah liat ini sering kita temui atau jumpai disetiap bangunan-bangunan terlebih di daerah-daerah pedesaan. 

  • Banyak Variasi
    Berbagai macam variasi genteng tanah liat dapat anda jadikan opsi untuk memilih salah satunya sebagai penutup atap bangunan anda. Dari mulai bentuk yang sederhana seperti genteng plentong, genteng kodok, genteng mantili dan masih banyak variasi lainnya. Selain itu genteng tanah liat juga memiliki variasi lain yang digunakan sebagai penutup bubungan / kerpus, genteng ini biasa disebut dengan genteng wuwung, dan ada juga genteng yang digunakan sebagai ornamen atau aksessoris pada atap.

        Itulah beberapa poin keunggulan dari genteng tanah liat, yang mungkin dapat anda jadikan opsi atau pilihan tepat untuk penutup atap bangunan rumah anda. Kami sebagai produsen genteng Wirosari, menawarkan anda berbagai macam variasi genteng tanah liat dengan harga yang pastinya terjangkau. Variasi genteng tanah liat yang kami sediakan saat ini antara lain seperti genteng plentong, genteng super mantili, mantili turbo lux, genteng garuda, genteng kodok dan lain sebagainya. Genteng tersebut merupakan produksi rumahan asli dari dusun Sarip, Desa Karangasem, Wirosari, Grobogan Jawa Tengah. Untuk mengetahui produk dan harganya anda dapat membuka menu "Produk" dan pilih sub menu "Genteng". atau anda dapat langsung menekan link yang telah kami sediakan dibawah ini.












BLANTERLANDINGv101

Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang