NaB5Nqx7NWxdMaJbNGB4NqEhBD4pzD4mxnoeNJ==

Mengenal material batu bata dan kelebihannya

BLANTERLANDINGv101
36827607074216925

Mengenal material batu bata dan kelebihannya

Selasa, 01 September 2020


      Tanah liat merupakan tanah yang spesial dan memiliki keistimewaan tersendiri dari berbagai macam tanah lainnya. Suatu keberkahan tersendiri bagi mereka yang hidup berdampingan dengan tanah ini. Mengapa tanah ini begitu spesial ?. Mengapa tidak, tanah ini dimanfaatkan oleh pengrajin sebagai bahan kerajinan hingga sebagai bahan material untuk mendirikan sebuah bangunan. Bahan kerajinan dari tanah liat ini biasa disebut gerabah serta tanah liat sebagai bahan material untuk bangunan ini biasanya berwujud genteng dan batu bata.

        Jika artikel sebelumnya mengulas tentang pengertian genteng hingga keunggulannya, pada artikel kali ini, kami akan membahas artikel tentang apa sih sebenarnya batu bata dan kelebihannya sebagai bahan bangunan. Kelebihan apa yang dimiliki batu bata ini, seberapa pentingkah batu bata ini sebagai bahan bangunan dan apakah tidak ada bahan alternatif lain selain batu bata?. Dengan ulasan singkat ini semoga dapat menambah wawasan kita serta dapat bermanfaat.

        Batu bata atau dalam KBBI disebut "bata" menjelaskan dimana salah satu makna bata adalah tanah liat yang diaduk sampai halus kemudian dicetak, dikeringkan, lalu dibakar. Wikipedia juga menjelaskan bahwa bata / batu bata ini merupakan salah satu bahan material sebagai bahan pembuat dinding. Seperti dijelaskan KBBI, Batu bata ini dalam proses pembuatannya dibuat dengan cara dibakar pada suhu yang tinggi hingga berubah warna menjadi kemerah-merahan. Sehingga dari pengertian diatas kita dapat menarik kesimpulan bahwa batu bata merupakan bahan material untuk bahan dinding yang terbuat dari tanah liat yang proses pembuatannya dengan cara diaduk, dicetak, dikeringkan hingga dibakar hingga warna tanah liat yang awalnya berwarna kecokelatan berubah menjadi kemerah-merahan.

        Batu bata pada dasarnya memiliki dua jenis, yaitu batu bata biasa dan batu bata muka atau ekspos. Batu bata biasa memiliki berbagai variasi dalam hal bahan dasar pembuatannya, diantaranya seperti batu bata merah. Batu bata merah sering disebut sebagai batu bata yang bahan dasarnya terbuat dari tanah liat. Batu bata ini adalah bahan material yang sangat mudah sekali kita jumpai dari pada bahan material lainnya. Batu bata merah ini memiliki kelebihan diantaranya seperti:

  • Nyaman dan adem
    Batu bata merah ini seperti memiliki sifat seperti genteng tanah liat dimana mereka memiliki kelebihan yang mampu menyerap panas dengan baik, sehingga dari kelebihan tersebut, tak salah orang beranggapan bahwa rumah yang menggunakan batu bata merah cenderung lebih adem serta lebih nyaman untuk ditinggali. 

  • Kuat dan kokoh serta  tahan lama
    Batu bata merah cenderung lebih kuat dan kokoh dari sisi ketahanan Ki pada material lain. Hal ini disebabkan karena selain bahan dasar tanah liat yang memiliki kandungan pasir, batu bata merah telah melalui proses yang panjang dalam pembuatannya, dari mulai pengadukan tanah liat dimana pengadukan ini berfungsi untuk menyelaraskan (halus / tidak kasar) antar partikel tanah & menjaga kualitas kekuatan, kemudian dilanjut dengan pencetakan tanah liat, proses pengeringan (menjaga agar bata tetap kokoh dan tidak rusak saat pembakaran), hingga proses akhir yaitu pembakaran dalam suhu yang tinggi.

  • Tahan cuaca
    Batu bata mampu bertahan disegala kondisi dan keadaan, baik dalam keadaan cuaca yang panas, hujan bahkan cuaca yang tidak menentu sekalipun. Terbukti dengan adanya kerajaan-kerajaan jaman dahulu selain mengandalkan batu alam, batu bata juga digunakan sebagai bahan untuk membangun sebuah gapura, padepokan dan lain sebagainya dimana hingga sampai saat ini banyak bangunan-bangunan tersebut yang masih berdiri dengan kokohnya melawan bergantinya cuaca puluhan hingga ratusan tahun.

  • Daya dukung struktur
    Bukan hanya berfungsi sebagai penyekat antar ruangan. Batu bata memiliki fungsi lebih dari material lainnya, batu bata ini dapat digunakan sebagai pembantu atau penyokong struktur kolom dalam menahan beban diatasnya. Batu bata mampu menahan beban yang diberikan oleh balok walaupun bukan sebagai struktur utama melainkan sebagai struktur pembantu. Berbeda dengan material bata ringan, dimana bata tersebut tidak bisa digunakan sebagai penyokong untuk membantu menahan beban diatasnya melainkan hanya berfungsi sebagai penyekat antar ruang saja.

  • Mudah didapat dan mudah dipasang
    Tidak perlu pusing untuk mencari bahan material satu ini, karena material ini sangat mudah sekali untuk ditemukan diberbagai daerah di Indonesia. Hampir setiap rumah, seperti rumah menengah keatas masih banyak yang memilih batu bata sebagai opsi utama untuk bahan material dinding mereka. Selain itu, batu bata ini juga mudah untuk dipasang karena setiap tukang bangunan pasti dapat memasang dinding batu bata ini, berbeda dengan material bata ringan, tak semua tukang dapat memasang bata bata ini.

  • Menambah nilai estetik
    Dinding batu bata dapat digunakan dengan cara dilapisi material plester acian atau bahkan dapat digunakan tanpa bahan lapisan plester acian. Tanpa bahan lapisan plester acianpun, dinding bangunan kita tetap nampak menarik dan memiliki karakter dan keindahan tersendiri. Dinding bata tanpa plester acian ini biasa disebut dinding bata ekspos. Dinding bata ekspos ini dapat menambah nilai estetik pada bangunan dimana ruangan akan nampak lebih hangat, berkarakter, bertekstur dan memiliki aksen (gaya) tersendiri. Dinding bata ekspos dapat menambah kesan tradisional, industrial hingga kesan rustic.

  • Nilai jual lebih
    Berbagai kelebihan batu bata yang telah dijelaskan diatas, jelas jika batu bata memiliki keistimewaannya tersendiri. Sehingga dari keseluruhan kelebihan diatas, tidak heran jika bangunan-bangunan yang menggunakan bahan material batu bata memiliki nilai jual yang lebih tinggi dibanding bangunan yang menggunakan bahan material bata ringan.

        Begitu banyak kelebihan yang didapatkan jika anda menggunakan bahan material batu bata. Jelas walaupun batu bata tidak bisa dikategorikan material yang murah (tidak juga mahal) tetapi dapat terbayarkan lunas dengan berbagai kelebihan yang kita dapatkan diatas. Maka dari itu sebelum anda menentukan untuk memilih bahan material lain untuk dinding rumah anda, sebaiknya anda fikirkan ulang dan cermati baik-baik bahan material dinding yang akan anda gunakan agar tidak menyesal kemudian.
      Jika anda membutuhkan material batu bata untuk dinding rumah anda, kami sebagai produsen genteng bata menawarkan anda produk buatan kami. Batu bata home production atau batu bata produksi rumahan asli dari Dusun Sarip, Desa Karangasem, Wirosari, Grobogan, Jawa Tengah. Kami menyediakan batu bata merah hingga batu bata ekspos (bahan dasar tanah liat) untuk solusi bangunan anda. Jika anda tertarik, silahkan pilih menu "Produk" dan pilih sub menu "Batu bata merah", "Bata ekspos" atau lainnya. Anda juga dapat langsung menekan link yang telah kami sediakan diakhir artikel ini untuk dapat langsung menuju ke halaman produk batu bata kami. Disana anda dapat melihat berbagai produk yang kami tawarkan dan anda dapat melihat, membeli atau hanya sekedar konsultasi (melalui Whatsapp). Sekian dari kami, semoga kita selalu diberikan  keberkahan juga kebermanfaatan antar sesama. Terimakasih.

BLANTERLANDINGv101
  1. And a gambling habit is not just about an individual losing their paycheck and financial savings, mentioned Fong. Forty-seven million Americans will place a minimum of|no less than} one guess on the NFL this season, which kicks off Thursday evening. Luckily, there are quantity of} VPNs that still work with Draftkings. If you use one of many providers 썬시티카지노 listed above, you should to} in a position to|be capable of|have the power to} guess securely, irrespective of where you might be}. The problem is that there is no telling how secure Draftkings' web site is. Even assuming it is bulletproof, you might be using a poorly-secured network .

    BalasHapus

Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang